Mengenal Jenis-jenis Resep Makanan Korea

Sabtu, 21 September 2013

Cara Membuat Kimchi

By 00.08

Bagaimana cara membuat Kimchi (Asinan khas dari Korea)?

Sebelum kita membahas ”cara membuat Kimchi “ ada baiknya kita lebih mengenal dulu apa itu Kimchi? Kimchi adalah salah satu makanan khas Korea berupa asinan yang dibuat dari sayuran sawi putih sebagai bahan pokoknya. Asinan kimchi ini dibuat dengan proses fermentasi yang sempurna serta penggunaan bumbu bawang putih dan cabai yang dominan sehingga mempunyai bau yang sangat tajam dan aroma yang khas.

Membuat  asinan seperti Kimchi ini adalah merupakan cara orang Korea untuk menyiasati atau mengawetkan makanan tertutama sayuran agar tetap bisa mengkonsumsi sayuran di saat datangnya musim di mana susah untuk mendapatkan sayuran yaitu ketika salju turun dengan lebat dan tidak ada tanaman ataupun sayuran yang tumbuh pada waktu itu.

Meskipun Kimchi merupakan asinan khas Korea namun kitapun di Indonesia bisa mencoba untuk membuat asinan Kimchi karena cara membuat kimchi juga tidak terlalu susah dan bahan bakunya juga semua tersedia di sini apalagi Kimchi adalah merupakan salah satu makanan tersehat di dunia.

Secara umum pembuatan Kimchi diolah dengan cara fermentasi yang diberi bumbu pedas dicampur dengan bumbu khas lainnya. Setelah bahan utama digarami dan dicuci, kemudian sayuran tersebut dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.
Bahan utama sayuran yang paling umum digunakan untuk membuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Pada zaman dahulu, kimchi diucapkan atau disebut dengan chim-chae (침채) yang berarti "sayuran yang direndam."

cara membuat kimchi

Di Negara Korea sendiri kimchi selalu dihidangkan pada waktu makan sebagai salah satu jenis lauk pauk yang paling umum. Selain itu Kimchi juga dapat digunakan sebagai bumbu saat memasak sup kimchi (kimchi ccigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan masakan lainnya.

Bahan-bahan untuk membuat Kimchi

Bahan untuk membuat kimchi bisa beraneka ragam tergantung dari jenis kimchi dan selera orang yang membuatnya. Kimchi yang paling umum kita kenal adalah baechu kimchi yaitu kimchi yang dibuat dari bahan utama sawi putih dengan lobak kemudian dicampur dengan bawang putih, cabai merah, daun bawang, cumi-cumi, tiram, atau makanan laut lainnya, jahe, garam dan gula.

Dari catatan Museum Kimchi Pulmuone yang ada di Seoul , ada sekitar 187 jenis kimchi yang ada di Korea mulai sejak jaman dulu hingga sekarang. Dari sekian jenis tersebut ada beberapa varian kimchi yang mudah dikenali saat ini misalnya: kkakdugi (깍두기) yaitu kimchi dengan bahan utama lobak yang dipotong-potong berbentuk dadu, oisobagi (오이소박이) yaitu kimchi ketimun, dan kkaennip (깻잎) yaitu berupa susunan daun perilla yang direndam dengan kecap asin, cabai merah, bawang putih, dan daun bawang.

bahan membuat kimchi

Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

Dalam proses fermentasi kimchi terdapat bakteri laktobasilus yang berperan menghasilkan asam laktat dengan kadar yang lebih tinggi daripada yogurt.

Kimchi merupakan makanan rendah kalori namun mengandung serat makanan yang tinggi dikarenakan kimchi dibuat dari berbagai macam sayuran seperti bawang bombay, bawang putih, dan cabai yang baik bagi kesehatan. Kimchi juga kaya akan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain membantu pencernaan, Kimchi juga kaya dengan vitamin dan kemungkinan dapat mencegah kanker. Sayuran diketahui baik untuk kesehatan, apalagi ditambah kultur bakteri hidup pada kimchi yang lebih banyak dari yogurt. Pemakaian cabai merah dalam jumlah banyak pada kimchi juga sering disebut-sebut baik untuk kesehatan. Oleh karena itu majalah “Health Magazine” menyebut Kimchi sebagai salah satu dari 5 “Makanan tersehat di dunia”.

Cara membuat Kimchi

Dari berbagai macam jenis Kimchi dan berbagai cara pembuatannya, di sini saya sebutkan beberapa macam kimchi yang umum kita kenal dengan cara pembuatannya beserta bahan-bahan yang diperlukan.

Untuk melihat bahan dan cara pembuatan kimchi, silahkan klik jenis-jenis kimchi di bawah ini, dan untuk link yang belum aktif atau kontennya belum tersedia, harap tunggu untuk postingan selanjunya.
  • Bahan-bahan dan cara membuat Baechu Kimchi
  • Bahan-bahan dan cara membuat Chonggak Kimchi
  • Bahan-bahan dan cara membuat Kkaktugi
  • Bahan-bahan dan cara membuat Nabak Kimchi
  • Bahan-bahan dan cara membuat Kaenip Kimchi
  • Bahan-bahan dan cara membuat Musaengche Kimchi