Mengenal Jenis-jenis Resep Makanan Korea

Kamis, 01 Agustus 2013

Bumbu Khas Masakan Korea Selatan

Saus Korea dan bumbu dapur

Salah satu makanan tradisional Korea diantaranya adalah saus Korea (장:  jang) yang dibuat untuk bumbu atau pelengkap hidangan yang terbuat dari kacang kedelai, dan pada umumnya banyak orang Korea yang membeli bumbu tersebut dari Supermarket, namun banyak juga yang membuatnya secara langsung karena dengan membuat sendiri lebih terjamin kesehatannya dan lebih enak rasanya.

Jenis-jenis saus Korea:
  1. Kanjang (간장 = kecap)
    ganjang img
    Kanjang atau "Ganjang" atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan kecap asin, digunakan sebagai pengganti garam untuk menyesuaikan rasa. Selain rasa asin juga memiliki rasa gurih dan enak.
    Ada dua jenis kecap asin:
    • Jin ganjang (진간장)
      Rasanya sangat asin namun ada rasa gurih, biasanya digunakan sebagai bumbu masakan yang direbus atau makanan tumis dan digoreng. Selain itu jinganjang juga digunakan sebagai pelengkap lainnya dan kecap yang banyak dijual di pasar yaitu "yangjo ganjang" (양조간장) sama halnya dengan Jin ganjang. Para manula atau orang tua menyebut jin ganjang dengan "Waeganjang" (왜간장), namun sebenarnya kata "Jin ganjang" adalah kata yang paling tepat.
    • Guk ganjang (국간장)
      Disebut juga dengan "Jib ganjang" (집간장) atau "Cosôn ganjang" (조선간장). Kecap jenis ini digunakan untk pelengkap rasa sayur atau makanan berkuah atau makanan rebus.
    Selain itu ada juga jenis saos kedelai yang digunakan sebagai bumbu saos untuk dicocol, di antaranya:
    • Kecap asin cuka (초간장: cho ganjang): saus ini sangat cocok untuk jenis makanan yang berminyak. Yaitu kecap asin dan cuka yang sudah dicampur sekitar 3:1 kemudian diberi sedikit gula dan alkohol dan ditambahkan sedikit air minum.
    • Saus wasabi (고추냉이간장: kochunaengi ganjang): saus jenis ini dinikmati untuk menghilangkan bau amis pada makanan laut, dan nama lain dari "kochu naengi ganjang" disebut dengan "wasabi" yang dapat dibeli di toko, dan ketika menikmati makanan seperti makanan laut campurlah sedikit wasabi dengan kecap asin kemudian dimakan dengan cara dicocol.
    • Bumbu kecap asin (양념 간장: yangn'yôm ganjang): diperlukan ketika makan "Kim" (sejenis makanan dari rumput laut) atau bakwan goreng, yaitu kecap asin yang diberi bumbu lainnya seperti cabe merah, bawang putih, daun bawang, bawang bombay, dan biji wijen dicampur untuk dinikmati sebagai saus.
  2. Doenjang (된장 = tauco korea)
    doenjang img
    Doenjang atau Dwenjang warnanya kuning tebal, digunakan untuk kuah sayur dan ccigae, selain itu sebagai sambal ketika makan ketimun atau cabe hijau yang tidak pedas, dan ketika makan sayuran lalap sebagai pembungkus. Dan ketika memasak daging babi atau ikan dapat digunakan sebagai bumbu tambahan untuk menghilangkan bau amis.
  3. Kochujang (고추장 = saus cabe merah)
    gochujang img
    Berwarna merah, rasanya pedas dan panas. Masyarakat Korea sangat menyukai rasa pedas saus cabe merah tersebut. Biasanya digunakan untuk memasak masakan yang pedas, selain itu juga dimakan untuk dicampur dengan nasi.

Selain saus ada juga beberapa bumbu dapur lainnya yang selalu digunakan oleh masyarakat Korea dalam masakannya, diantaranya:
  • Cabe merah bubuk (고춧가루: Kochugaru) dan Bawang Putih (마늘: Maneul)
    Hampir semua masakan Korea menggunakan cabe merah bubuk dan bawang putih. Baik sayur, lauk pauk, maupun tumis dan karena bumbu tersebut merupakan bumbu dasar jika sampai tidak tersedia maka akan membuat suasana memasak tidak menyenangkan. Bawang putih dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti diiris-iris tipis, atau ditumbuk halus, sedangkan rasa kochugaru pedas, namun ada rasa sedikit pahit dan diusahakan untuk membelinya dan selalu menyimpannya. Selain cabe merah bubuk dan bawang putih, juga banyak bumbu lain yang selalu digunakan dalam setiap menu masakan seperti bawang bombay dan daun bawang.
  • Minyak Wijen (참기름: Chamgireum)
    Pada umumnya minyak goreng digunakan untuk masakan gorengan. Makanan ringan seperti ceplok telurpun harus menggunakan minyak. Kelebihan dari minyak wijen adalah dapat memberikan bau harum pada masakan. Baik sayur, ccigae (찌개), tumis, dan nasi campur jika dibubuhkan setetes minyak wijen maka masakan tersebut akan lebih gurih dan harum. Selain chamgireum ada juga minyak sejenisnya yaitu "deulgireum" dan fungsinya juga sama.
  • Bahan Kaldu (육수재료: Yuksu Jaeryo)
    Setiap masakan yang berkuah harus terlebih dahulu disediakan kaldu. Bahan yang paling dasar adalah kaldu dari rebusan ikan teri. Rumput laut yang dikeringkan, ikan polok alaska yang dikeringkan, udang kering, kerang dan lain-lain termasuk juga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat air kaldu. Selain makanan laut juga digunakan bahan-bahan sayur-sayuran seperti: jamur, bawang bombay, daun bawang dan lain-lain. Sebaiknya simpan bahan-bahan tersebut di lemari es.
  • Makanan laut yang diasinkan (젓갈: Chôtgal)
    "Cotgal" adalah ikan atau makanan laut lainnya yang diasinkan. Pada umumnya digunakan saat membuat "kimchi" (김치), namun ada juga yang dimakan untuk lauk pauk. Selain itu ada juga yang digunakan untuk bumbu sebagai pengganti garam atau kecap asin. Diantaranya udang asin, ikan teri asin, kerang asin, cumi asin dan sejenisnya.
  • Bumbu alternatif (시판조미료: Siphan comiryo)
    Banyak orang yang berpendapat bumbu-bumbu penyedap kurang baik untuk kesehatan. Akan tetapi jika pertama kali membuat masakan Korea tentu rasanya kurang sedap, oleh karenanya menambahkan sedikit bumbu penyedap tersebut akan menambah rasa sedap masakan anda. Bumbu-bumbu tersebut diantaranya Miwon dan Dasida. Jika anda membeli bumbu tersebut hendaknya menyimpan dengan baik. Pada saat menggunakan sebaiknya setelah menambahkan bumbu penyedap diikuti dengan garam atau kecap asin.
  • Cuka (식초: Sikcho)
    Untuk membumbui sayuran, membuat saos cocol agar rasanya segar dan asam.
  • Cairan alkohol (맛술: Matsul)
    Berguna untuk masakan daging agar daging tersebut terasa lebih empuk dan enak. Selain matsul boleh juga menggunakan jenis arak.
  • Cairan gula (물엿: Mulyôt)
    Agar membuat rasa masakan sedikit terasa manis tetapi cocok untuk jenis masakan tersebut.
  • Tepung kanji (녹말: Nokmal)
    Untuk membuat kuah yang lebih kental, atau sebagai tepung makanan goreng-gorengan.
  • Saus tomat (케찹: Khechap), mayones (마요네즈: mayonejeu)
    Dimakan untuk pelengkap pada makanan jenis daging atau sayuran dengan cara dicocol.
  • Merica (후추: Huchu)
    Biasanya untuk ditaburkan pada sayur daging atau masakan yang berlemak.