Mengenal Jenis-jenis Resep Makanan Korea

Sabtu, 03 Agustus 2013

Cara Pemakaian dan Perawatan Peralatan Masak Korea

Jenis Alat Masak yang umum digunakan di Korea

Untuk membuat atau mengolah masakan diperlukan peralatan masak yang dapat membantu proses memasak sehingga lebih mudah dalam membuat masakan.

Di Korea juga ada beberapa peralatan masak yang umum digunakan oleh masyarakat Korea dalam proses memasak. Perlu juga mengetahui penggunaan peralatan masak tersebut, sehingga memudahkan kita dalam membuat masakan dan juga kita sebaiknya tahu cara perawatannya agar peralatan masak awet dan bertahan lama.

Berikut ada beberapa jenis alat masak yang paling umum digunakan oleh masyarakat Korea untuk memasak.

Mangkok tanah (뚝배기: ttukbaegi)
tukbegi mangkok tanah img
"Ttukbaegi" adalah alat masak yang dibuat dari tanah liat, yang digunakan pada semua jenis masakan Korea khususnya jenis ccigae, atau masakan yang direbus. Walaupun masakan tidak cepat matang, namun tidak cepat dingin, sehingga dapat dinikmati selagi panas-panas. Dan ketika dicuci jangan menggunakan sabun cuci tetapi gunakan tepung terigu atau tepung soda untuk menghilangkan lemak.

Penggorengan (프라이팬: pheuraiphaen)
frypan img
Untuk mencegah bahan-bahan makanan lengket, maka penggorengan dilapisi coating. Dan agar lebih awet digunakan hindari kikiran benda tajam dan dilarang menggosok terlalu keras pada saat mencuci karena dapat melepaskan lapisan tersebut.

Kompor gas portable (휴대용가스렌지: hyudaeyong gaseurenji)
kompor gas portabel img
Nama lain dari kompor gas ini adalah "Burusta", yang menggunakan gas butan. Walaupun tidak memiliki daya panas yang tinggi, namun sangat simple untuk digunakan di luar rumah, bahkan bisa juga digunakan untuk di atas meja makan. Karena berfungsi lebih mudah untuk memasak daging bakar atau tumis daging dan sayur. Setelah digunakan, tabung gasnya harus dipisahkan.

Microwave/penghangat (전자렌지: cônja renji)
microwave img
Yaitu alat yang digunakan untuk menghangatkan makanan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Karena dapat memberikan suhu panas pada makanan tersebut, terutana sangat mudah untuk menghangatkan nasi atau makanan yang dingin.

Akan tetapi banyak yang harus diperhatikan dalam menggunakan mesin pemanas ini. Pertama mesin pemanas hanya boleh digunakan dengan wadah mangkok tertentu. Karena jika anda menggunakan mangkok logam maka bukan hanya mangkok tersebut tidak berfungsi melainkan dapat mengakibatkan kebakaran.

Dan yang kedua jangan menggunakan mangkok dalam keadaan tertutup rapat. Karena uap panas yang tertutup akan mengakibatkan ledakan. Dan jika memasak chesnut atau telur, buatlah lubang pada makanan tersebut agar uap air panas keluar.

Panci presto (압력솥: apryôksot)
panci presto img
Jenis panci ini memiliki kelebihan pada bagian tutup panci yang sangat kencang dan terkunci. Karena uap di dalam tidak bisa keluar ke bagian lain maka uap panas tersebut dapat memberikan suhu tekanan tinggi.
Jika memasak nasi dengan alat ini akan lebih cepat matang, dan jika untuk memasak daging maka akan lebih cepat matang dan empuk dalam waktu yang cepat. Akan tetapi sebelum uap keluar habis jangan mencoba untuk membuka tutupnya. Pastikan jika uap tersebut benar-benar habis baru diperbolehkan untuk membukanya. Karena uap yang tersisa di dalam akan mengakibatkan ledakan.

Blender (전기분쇄기: côn'gi bunswaegi)
blender img
Alat ini digunakan untuk menghaluskan dan memotong. Di dalam mesin tersebut terdapat bermacam ukuran untku menghasilkan berbagai macam ukuran untuk menghasilkan berbagai macam bentuk potongan. Bersihkanlah setelah digunakan, namun perlu hati-hati dalam membersihkan jangan sekali-kali menyentuh tombol penghidup mesin.
Rice cooker (전기밥솥: côn'gi bapsot)
rice cooker img
Pada umumnya rice cooker dapat digunakan untuk beberapa jenis masakan. Jika tahu cara penggunaannya maka mudah untuk memasak jenis daging rendang atau yang lainnya. Namun tentu yang paling mudah adalah untuk memasak nasi.

Oven (오븐: obeun)
oven img
Untuk memasak makanan ala barat, jenis alat ini paling banyak digunakan. Oven digunakan untuk memanggang atau membakar, dan di Korea setiap rumah berbeda-beda, ada yang memiliki dan ada yang tidak. Untuk penggunaanya harus menggunakan papan pengaman panas, harus berhati-hati agar terhindar dari luka bakar.