Mengenal Jenis-jenis Resep Makanan Korea

Minggu, 04 Agustus 2013

Tips Bagaimana Cara Memasak Nasi Agar Enak

Tip untuk Memasak "Pap" Agar Enak

tips cara memasak nasi enak imgNasi dalam bahasa Korea dikenal dengan istilah "bap" atau "pap" (밥). Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Korea sama halnya dengan di Indonesia. Untuk menghasilkan rasa nasi atau "pap" yang lebih enak diperlukan cara-cara khusus dalam memasak nasi tersebut.

Bagaimana caranya membuat rasa nasi menjadi lebih Enak?
Untuk memasak nasi supaya rasanya enak, setidaknya kita perlu mengetahui beberapa hal dalam proses menanak nasi supaya hasil yang diinginkan lebih maksimal.

Jenis-jenis Beras
Bahan yang paling penting adalah "beras putih" (쌀밥: ssalbap). Beras Korea bentuknya tidak panjang tetapi bulat dan lengket. Karena jenis beras yang berbeda, masyarakat Koreapun kesukaan pada jenis berasnya berbeda-beda pula, oleh karena itu cara menanaknyapun berbeda.

Beras di Korea ada dua jenis yaitu "Ccapssal" (찹쌀 = beras ketan) dan "Mepssal" (멥쌀 = beras biasa). "Ccapssal" biasanya digunakan untuk pembuata kue ketan, campuran ayam rebus atau makanan lainnya, sedangkan untuk beras yang dimakan sehari-hari adalah "Mepssal".

jenis beras korea imgUntuk kesehatan, "hyônmi" (현미 = beras kasar) lebih bagus untuk dimakan sebagai pengganti dari "baekmi" (백미 = beras sosoh gosok). Beras bisa dikatakan apakah itu termasuk "hyônmi" atau "baekmi" yaitu ketika digiling tergantung berapa banyak menggilingnya. Paling banyak hasil gilingannya adalah 12 bundo (bundo adalah ukuran ala Korea yang digunakan pada penggilingan beras), maka akan menghasilkan beras yang halus dan lembut, dan jika menggiling sebanyak 9 bundo atau 7 bundo beras tersebut bisa dikatakan "hyônmi". Hyônmi walaupun keras dan kaku dibanding baekmi namun sangat baik untuk kesehatan.

Selain beras, juga ada campuran biji-bijian yang disebut "capgokbap' (잡곡밥). Dan yang paling banyak digunakan untuk campuran nasi adalah beras gandum dan kacang-kacangan. Selain beras gandum tersebut juga ada campuran beras gandum setengah matang yang disebut "ammek" (압맥  = gandum perahan) dan "halmek" (할맥 = bagian gandum). Pada umumnya kacang-kacangan yang banyak dikonsumsi adalah kacang polong, sejenis kacang merah (kidney bean) dan kacang hitam. Selain itu juga kacang merah, biji jawawut, beras hitam juga digunakan sebagai campuran utama.

Tips menanak Nasi
Beras sebelum dimasak sebaiknya direndam terlebih dahulu. Kalau banyak waktu luang rendam dari hari sebelumnya, dan kalau tidak ada waktu, 30 menit hingga 1 jam diperlukan untuk merendam. Dan jika sama sekali tidak ada waktu untuk merendam itupun tidak apa-apa, namun akan menghasilkan nasi yang keras dan tidak empuk. Akan tetapi jika memasak beras hyônmi harus direndam terlebih dahulu dikarenakan beras hyônmi sulit matangnya.

Ada beberapa cara memasak nasi, namun pada umumnya sekarang ini banyak orang-orang yang menggunakan rice cooker. Dan jika menggunakan alat tersebut cukup hanya menekan tombol pilihan, maka akan menghasilkan nasi yang diinginkan. Namun bagaimana jika kita ingin memasak dengan panci, karena resepnya berbeda sebaiknya pelajari dahulu cara-caranya.
  1. Beras direndam terlebih dahulu.
  2. Ukuran air, jika beras banyaknya 1 gelas maka airnyapun cukup 1 gelas. Jika tidak ada waktu untuk merendam, maka air harus lebih banyak dari beras sekitar 20% - 30%.
  3. Setelah diletakkan di atas kompor, pertama nyalakan dengan api besar, jika air uap keluar berlebihan, maka buka tutupnya agar tidak meluap. Setiap air atau uap nasi meluap keluar api harus dikurangi, dari api sedang sampai kecil. Akan lebih baik jika sambil diaduk perlahan-lahan.
  4. Jika sudah tidak keluar air dan tidak mendidih, maka kecilkan apinya, kemudian tutup rapat. Dan diamkan hingga kurang lebih 10 menit, inilah yang disebut dengan "tteumeul deurinda" (뜸을 들인다).
  5. Jika nasi sudah matang, aduk rata dengan centong nasi.
Cara menyimpan Nasi
Jika nasi sudah matang, saat meletakkan centong nasi sebaiknya tidak dimasukkan ke tengah-tengah nasi, dengan posisi dibalik diletakkan di atas nasi tersebut. Karena jika tidak begitu maka centong nasi akan menggumpal selain itu jika didiamkan terlalu lama nasi akan menjadi kuning dan menimbulkan bau kurang sedap. Dan jika nasi diperlukan untuk beberapa hari, pindahkan ke beberapa mangkok kemudian simpan di freezer, dan setiap diperlukan ambil satu-persatu dan hangatkan pada microwave maka rasa nasi sama seperti baru dimasak.